PERESMIAN jalur kereta api ganda lintas Cirebon-Kroya dan lintas Tegal-Pekalongan di Stasiun Jakarta Kota, Rabu (9/9) menjadi kenangan termanis bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Lagu Selamat Ulang Ttahun, melantun dari para penumpang kereta api sebagai kado terindah bagi Presiden SBY yang tepat berulangtahun ke-60.

Meski tak beraturan dan terdengar sedikti fals, lantunan lagu selamat ulang tahun dari penumpang membuat Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono tersenyum lebar. SBY secara spontan membalas nyanyian ini dengan ucapan terima kasih.

“Terima kasih banyak atas perhatian saudara-saudara sekalian. Semoga bapak ibu sekalian selamat dalam perjalanan sampai ke tujuan. Sampaikan juga salam saya kepada keluarga di rumah,” ucap SBY dihadapan puluhan penumpang dan pengunjung kerata api di Stasiun Kereta Api Jakarta Kota.

Ucapan selamat SBY dibalas para penumpang dengan pemberian ucapan selamat ulang tahun. Mereka berlomba menjabat tangan SBY. Lantaran pengawalan yang cukup ketat, tak semua penumpang bisa menjabat tangan orang nomor satu di tanah air ini.

Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal yang menjadi tuan rumah kegiatan di stasiun kereta api Jakarta Kota juga tak ingin ketinggalan dengan para penumpang. Aksi Jusman memberi ucapan selamat ulang tahun ke SBY ini, bahkan dilakukan saat dia memberi kata sambutan pembukaan peresmian jalur ganda kereta api Patuguran-Purwokerto (lintas Tegal-Pekalongan), Petarukan-Larangan (lintas Tegal-Pekalongan), pengoperasian 75 kereta dan dua lokomotif.

“Kami berharap peresmian jalur ganda dan 75 kereta api serta dua lokomotif baru, dapat menjadi kado yang indah dari Bapak Presiden yang sedang berulang tahun untuk dipersembahkan kepada rakyat Indonesia,” ujar Jusman.

Dia mengemukakan, ucapan selamat ulang tahun merupakan titipan pesan karyawan PT Kereta Api Indonesia, PT Industri Kereta Api di Madiun, dan jajaran Departemen Perhubungan. “Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan karunia-Nya berupa usia panjang penuh barakah untuk diabdikan bagi kejayaan bangsa dan negara,” sergahnya.

Pada kesempatan ini, turut hadir sejumlah anggota kabinet Indonesia Bersatu. Mereka antara lain Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri Perindustrian Fahmi Idris, Menko Perekonomian Sri Mulyani, Menteri Perumahan Rakyat Yusuf Asy’ari, Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono, Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri, Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa, Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Tidak hanya dari masyarakat Indonesia, ucapan selamat berulang tahun juga disampaikan Presiden Rusia Dmitry Medvedev. Ucapan selamat Medvedev ini disampaikan ke SBY selama lima menit usai SBY meresmikan jalur ganda kereta api di stasiun Jakarta Kota.

Juru Bicara Kepresidenan bidang luar negeri Dino Patti Djalal mengemukakan, ucapan selamat berulang tahun ini seiring ucapan selamat atas terpilihnya SBY sebagai Presiden Indonesia untuk kedua kalinya.

“Kedua pemimpin juga sepakat untuk memajukan kemitraan strategis antara Indonesia dan Rusia, dan memajukan kerjasama bukan hanya bilateral tetapi juga kerjasama global, terutama dalam kaitannya mensukseskan KTT G 20 di Pittsburgh, Amerika Serikat, untuk mencari solusi global terhadap krisis ekonomi yang saat ini melanda dunia,” urai Dino.

Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng pada kesempatan yang sama menyatakan, ulang tahun SBY dilakukan pula di kediaman pribadi di Puri Cikeas Indah, Bogor, Jawa Barat. Tanpa mengundang secara besar-besaran, acara berlangsung dalam suasana sederhana.

“Tidak ada yang spesial. Cuma tumpengan keluarga dan staf. Tidak ada undangan, cuma buka puasa biasa saja,” kata Andi Mallarangeng seraya mengatakan, selama ini tidak pernah Presiden Yudhoyono merayakan hari ulang tahun secara mewah. “Hari ini memang ulang tahun SBY, Alhamdullilah beliau berumur 60 tahun sebagaimana biasa Presiden tidak pernah ada perayaan khusus,” terangnya.

Menyangkut ucapan selamat dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, Andi mengaku, baru mengetahui saat membaca berita melalui internet. “Presiden senang apalagi ucapan itu berasal dari Wakil Presiden,” ujarnya. (Persda Network/ade mayasanto)